AWAL MENJADI SEORANG YANG BERILMU ADALAH DIAM

AWAL MENJADI SEORANG YANG BERILMU ADALAH DIAM

❱ #SedikitFaidah dari al-Ustadz Abu ‘Ibrahim Muhammad bin ‘Umar as-Sewed hafizhahullah

Ξ Berkata Sufyan Ats-Tsauri rahimahullah:

“PELAJARILAH ILMU ini (ilmu deen, -ed.) dan teruslah memperuntukkan waktumu untuk menimba ilmu, dan jangan dicampur dengan tertawa, dan jangan dicampur dengan main-main. Jangan sampai hati menjadi kaku/keras, karena dicampur dengan main-main, dengan tertawa …”

Ξ Beliau juga berkata rahimahullah:

“AWALNYA ILMU ITU ADALAH DIAM! Maka siapa yang bisa diam, maka itulah ilmu pertama (tahapan awal mempelajari ilmu). seandainya dia tidak bisa diam, maka tidak akan bisa meningkat (dalam belajarnya, -ed.) kepada peringkat yang lebih jauh. Seterusnya tahapan yang ke-2 mendengar dan menghafalnya dan ke-3 barulah mengamalkannya dan yang ke-4, menyebarkan dan mengajarkannya (berdakwah).”

Ξ Berkata Laits Ibn Sa’ad rahimahullah kepada para as-habul hadits:

“PELAJARILAH KELEMBUTAN (Al-Hilm) sebelum mempelajari ilmu.”

Al-hilm yakni kelembutan dalam artian, akhlak yang baik.

Ξ Berkata Khalid ibnu Safwan rahimahullah:

“Apabila engkau melihat seseorang menyampaikan sebuah hadits yang engkau tidak mengtahui tentang hadits tersebut, atau engkau mendengarkan orang memberikan khabar/berita yang engkau tidak mengetahui tentang berita tersebut, maka jangan engkau mengikutinya/mengiringinya dalam membicarakannya kerana semangat untuk memberitahukan/menyebarkan kepada teman-teman yang lain bahawa engkau sudah mengetahuinya, kerana itu adalah sebuah kerendahan (su’ul adab), akhlak yang jelek walaupun engkau telah mengetahuinya.”

Ξ Al-Imam Muhammad bin Idris Asy-Syafi’e rahimahullah berkata:

“Sungguh, aku pernah mendengar dari seorang pemuda yang menyampaikan sebuah hadits. Aku mendengarkannya sehingga dia selesai membacanya. Padahal aku sudah mendengarkan hadits tersebut sebelum dia lahir.”

Ξ Hajjaj ibni Artho’ah rahimahullah berkata:

“Sesungguhnya salah seorang dari kalian MEMILIKI ADAB YANG BAIK / akhlak yang baik, lebih dia diperlukan berbanding dia memiliki 50 buah hadits.”

[ Audio ]

📚[Pentingnya Adab & Akhlak Sebelum Menuntut Ilmu (Minit 29:42–37:37) — Jumaat, 15/06(Jumadil Akhir)/1434H — 26/04/2013M]