HADITS QUDSI: (AKU TINGGALKAN DIA BESERTA SEKUTUNYA)

MAKNA FIRMAN ALLAH TA’ALA DALAM HADITS QUDSI: (AKU TINGGALKAN DIA BESERTA SEKUTUNYA)

?Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah

Pertanyaan:
Wahai syaikh yang mulia! Dalam firman Allah Ta’ala:

من أشرك معي غيري تركته وشركه

“Barang siapa menyekutukan bersamaku dengan selainku, maka aku tinggalkan dia beserta sekutunya.”
Apakah meninggalkan disini memiliki waktu tertentu atau ketika bertaubatnya seorang musyrik yang berbuat kesyrikan ataukah ketika dimatikan Allah?

Jawaban:
Firman Allah Ta’ala dalam hadits Qudsi:

تركته وشركه

“Aku tinggalkan dia dan sekutunya.”

Yakni amal itu sendiri yang di dalamnya terjadi kesyirikan yang tidak diterima Allah. Akan tetapi jika dia bertaubat darinya, maka sesungguhnya Allah Ta’ala menerima taubatnya sebab Allah Ta’ala berfirman:

وَالَّذِينَ لا يَدْعُونَ مَعَ اللَّهِ إِلَهاً آخَرَ وَلا يَقْتُلُونَ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَلا يَزْنُونَ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ يَلْقَ أَثَاماً * يُضَاعَفْ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيَخْلُدْ فِيهِ مُهَاناً [الفرقان:68-69]

“Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barang siapa yang melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa (nya), (yakni) akan dilipatgandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina.” (QS al-Furqan : 68-69).

Sehingga yang dimaksud dengan Firman-Nya: (Aku tinggalkan dia beserta sekutunya) bukanlah yang dimaksud darinya aku tinggalkan dia selamanya namun aku tinggalkan dia berserta sekutunya dalam amalan yang dia menyekutukannya saja. Kemudian bila dia bertaubat darinya dan beriman serta beramal shalih, maka Allah Ta’ala gantikan keburukannya dengan kebaikan
?Liqa’ al-Bab al-Maftuh 41

?http://bit.ly/Al-Ukhuwwah

معنى قوله تعالى في الحديث القدسي: (تركته وشركه)
السؤال: يا فضيلة الشيخ! في قوله تعالى: (من أشرك معي غيري تركته وشركَه) هل الترك له وقت محدد، أم عند توبة المشرك الذي أشرك، أم عندما يتوفاه الله؟الجواب: قوله تعالى في الحديث القدسي: (تركتُه وشركَه) أي: نفس العمل الذي حصل فيه الشرك لا يقبله الله؛ لكن لو تاب منه، فإن الله يتوب عليه؛ لأن الله قال: وَالَّذِينَ لا يَدْعُونَ مَعَ اللَّهِ إِلَهاً آخَرَ وَلا يَقْتُلُونَ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَلا يَزْنُونَ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ يَلْقَ أَثَاماً * يُضَاعَفْ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيَخْلُدْ فِيهِ مُهَاناً [الفرقان:68-69].فالمراد بقوله: (تركتُه وشركَه) ليس المقصود منه تركتُه دائماً، بل تركتُه وشركَه في العمل الذي أشرك به فقط، ثم إذا تاب منه وآمن وعمل عملاً صالحاً بدل الله سيئاته حسنات.