OBAT LUPA

???? OBAT LUPA

✍? Ali bin Khasyram rahimahullah berkata:

? “Saya melihat Waki’ bin al-Jarrah tidak pernah membawa kitab, namun beliau bisa menghafal apa yang tidak kami hafal. Maka saya merasa heran dengan hal itu sehingga saya pun bertanya kepada beliau, “Wahai Waki’, Anda tidak pernah membawa kitab dan tidak menggoreskan yang hitam di atas yang putih (tidak mencatat -pent), namun Anda menghafal lebih banyak dibandingkan apa yang kami hafal.”

? Maka Waki’ berkata dengan membisikkan ke telinga saya, “Wahai Ali, jika saya tunjukkan kepadamu obat lupa, apakah engkau akan mengamalkannya?”

?Saya pun menjawab, “Ya, demi Allah.”

✋? Maka beliau menjelaskan, “Meninggalkan maksiat, demi Allah, saya tidak melihat sesuatu yang lebih bermanfaat untuk memudahkan menghafal dibandingkan meninggalkan kemaksiatan.”

? (Siyarul A’lamin Nubala’, 6/384)

? Majmu’ah An-Nahjul Wadhih

 

BAGAIMANA SESEORANG BISA MENGOBATI RASA TAKUT MATI?

✍? Asy Syaikh ‘Abdul ‘Aziiz bin Baaz rahimahullah

? Pertanyaan : Bagaimana seorang itu bisa mengobati rasa takut mati. Lebih-lebih jika dia takut naik pesawat misalnya. Terkadang dia mengatakan : ”Jangan-jangan pesawat ini jatuh dan sungguh saya akan mati.”

? Jawaban : Hal ini diobati dengan tawakal kepada Allah, memohon kepadaNya keselamatan, berlindung diri dari syaitan dari was-was ini. Semua manusia menaiki pesawat terbang, mobil, onta, bighal dan keledai. Hal ini tidak membahayakan mereka.

? Alhamdulillah tidak terjadi pada mereka kecuali apa yang telah ditakdirkan untuknya. Maka wajib baginya untuk percaya kepada Allah, untuk berbaik sangka kepada Allah. Hendaknya dia memohon kepada Rabnya keselamatan. Dan mesti menjauhi perasaan was-was dan kecemasan-kecemasan yang tidak ada dasarnya ini.

? Sumber : http://www.binbaz.org.sa/mat/21116

 

MUTIARA HIKMAH SALAFUSH SALEH

? DIMANAKAH POSISI KITA

✍? Ali bin Abi Thalib berwasiat kepada Kumail bin Ziyad rahimahullah, “Manusia ada tiga golongan:

⏩ (1) alim rabbani;
⏩ (2) orang yang belajar di atas jalan keselamatan; dan
⏩ (3) orang rendahan yang tidak tahu aturan, selalu mengikuti setiap penyeru, condong kemana pun angin bertiup, tidak bisa mengambil penerang dari cahaya ilmu, tidak pula berlindung kepada tiang yang kuat.

? Ilmu lebih baik daripada harta karena ia akan menjagamu. Adapun harta, engkau yang menjaganya. Ilmu akan bertambah dengan diamalkan, sedangkan harta akan berkurang ketika dibelanjakan.

? Mencintai orang yang berilmu adalah bagian agama.
Ilmu membuat pemiliknya berada dalam ketaatan sepanjang hayatnya, pembicaraan yang baik setelah dia meninggal. Adapun harta,  pengaruhnya akan hilang seiring dengan lenyapnya harta itu.

? Para penjaga harta seakan-akan mati dalam hidupnya. Adapun orang berilmu akan tetap abadi sepanjang masa ….

? (Min Washaya as-Salaf, hlm. 12—14)
? Sumber : http://asysyariah.com/kata-kata-mutiara-islam/