SIKAP SEORANG MUSLIM YANG BAIK TERHADAP PEMERINTAHNYA

SIKAP SEORANG MUSLIM YANG BAIK TERHADAP PEMERINTAHNYA

✍? Asy-Syaikh Dr. Muhammad Ghalib hafizhahullah berkata:

‏دافعوا عن حكامكم بالحق؛ واثنوا عليهم بما هم أهله؛ وادعوا لهم على المنابر بالتسديد، ولا تخشوا من قول البعض: عميل. فالعميل من باع ولاءه لحزبه.

“Belalah pemerintah kalian dengan cara yang benar, pujilah mereka dengan hal-hal yang berhak mereka dapatkan, doakan di atas mimbar-mimbar agar mereka mendapatkan bimbingan dari Allah, dan jangan takut terhadap ucapan sebagian orang, “Jongos.” Karena jongos yang sebenarnya adalah orang yang menjual loyalitasnya untuk kelompoknya.”

============================

*HUKUM MENUDUH ULAMA KURANG DALAM MENASEHATI  PEMERINTAH*

*_Syaikh Shalih bin Fawzan al Fawzan hafizhahullah*_

*Pertanyaan:*
Apa pendapat Anda terhadap orang yang menuduh ulama kurang dalam menasehati pemerintah?

*Jawaban:*
Apa yang dia tahu bahwa para ulama kurang dalam menasehati pemerintah. Apakah mesti seorang ulama ketika menasehati pemerintah menampakkannya kepada orang-orang? Dengan mengatakan saya sudah menasehatinya, saya sudah mengatakannya, dan saya dan saya…Tidak boleh yang demikian ini.

Nasehat itu dengan rahasia antara pemerintah dan penasehat dengan cara kita pegang tangannya lalu kita mengingatkannya dengan perkara yang engkau melihatnya termasuk kesalahan dengan rahasia antara engkau dan dia.

Jika dia mengambil ucapanmu alhamdulillah, namun jika dia tidak mengambilnya, maka engkau telah terbebas dari tanggungan.

Adapun engkau mengatakan: pemerintah orang yang lalai, pemerintah melakukan seperti ini dan itu, namun saya sudah menasehatinya dan mengatakannya. Hal ini tidak boleh karena termasuk propaganda (menyebarkan seruan) kepada perselisihan dan perpecahan serta termasuk menghina pemerintah kaum muslimin.

Padahal tidak boleh menghina pemerintah kaum muslimin bagaimanapun yang terjadi darinya dan tidak boleh menghinanya di depan orang-orang dan mencelanya di depan manusia.

?http://www.alfawzan.af.org.sa/node/16325
?http://bit.ly/Al-Ukhuwwah
____________________________
السؤال:
ما قولكم فيمن يتهُّم أهل العلم بالتقصير في النصحِ لولاة الأمر؟
الجواب: وما يدريه أن العلماء مقصِّرون في نصح ولاة الأمر، هل لابد أن العالم إذا نصح ولي الأمر يُظهر للناس؟  يقول أنا نصحت، وأنا قلت، وأنا وأنا، ما يجوز هذا!، النصيحة سريَّة بين ولي الأمر، وبين الناصح، تأخذ بيده وتنبِّههُ على ما ترى من الخطأ سرًا بينك وبينه، فإن أخذ بقولك فالحمد لله، وإن لم يأخذ  فقد أبرأتَ ذمَّتك، أما إنك تقول: ولي الأمر مقصِّر، وولي الأمر فعل كذا وكذا، وأنا نصحته، وأنا قلت، هذا لا يجوز، هذا من الدِّعاية إلى الاختلاف والتفرُّق، ومن الاستهانة بولي أمر المسلمين، ولا يجوز أن يُهان ولي أمر المسلمين مهما حصل منه، لا يجوز أن يُهان أمام الناس، ولا أن يُسبَّ أمام الناس.

============================

YANG SAMA-SAMA CELAKA

✍? Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata:

‏ﻭﻳﻞ ﻟﻠﻌﺎﻟﻢ ﺇﺫﺍ ﺳﻜﺖ ﻋﻦ ﺗﻌﻠﻴﻢ ﺍﻟﺠــﺎﻫﻞ، ﻭﻭﻳﻞ ﻟﻠﺠـﺎﻫﻞ ﺇﺫﺍ ﻟــﻢ ﻳﻘﺒﻞ.

“Celaka orang yang berilmu jika dia diam tidak mau mengajari orang yang bodoh, dan celaka orang yang bodoh jika dia tidak mau menerimanya.”

? Al-Mustadrak Ala Majmu’ul Fatawa, jilid 2 hlm. 281

============================

TAUHID ADALAH INTI ISLAM

✍? Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata:

‏ﺃﻭﻝ اﻟﺪﻳﻦ ﻭﺁﺧﺮﻩ ﻭﻇﺎﻫﺮﻩ ﻭﺑﺎﻃﻨﻪ ﻫﻮ اﻟﺘﻮﺣﻴﺪ، ﻭﺇﺧﻼﺹ اﻟﺪﻳﻦ ﻛﻠﻪ لله ﻫﻮ ﺗﺤﻘﻴﻖ ﻗﻮﻝ ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ الله.

“Permulaan agama dan akhirnya serta lahir dan bathinnya adalah tauhid, sedangkan maksud mengikhlaskan agama secara total untuk Allah adalah merealisasikan konsekuensi ucapan Laa Ilaha Ilallah.”

? Majmu’ul Fatawa, jilid 10 hlm. 264

============================

MAKNA TAUFIQ

✍? Al-Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah berkata:

ﻭﺍﻟﺘﻮﻓﻴﻖ ﺇﺭﺍﺩﺓ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﻦ ﻧﻔﺴﻪ ﺃﻥ ﻳﻔﻌﻞ ﺑﻌﺒﺪﻩ ﻣﺎ ﻳﺼﻠﺢ ﺑﻪ ﺍﻟﻌﺒﺪ ﺑﺄﻥ ﻳﺠﻌﻠﻪ ﻗﺎﺩﺭﺍ ﻋﻠﻰ ﻓﻌﻞ ﻣﺎ ﻳﺮﺿﻴﻪ ﻣﺮﻳﺪﺍ ﻟﻪ ﻣﺤﺒﺎ ﻟﻪ ﻣﺆﺛﺮﺍ ﻟﻪ ﻋﻠﻰ ﻏﻴﺮﻩ ﻭﻳُﺒﻐّﺾ ﺇﻟﻴﻪ ﻣﺎ ﻳﺴﺨﻄﻪ ﻭﻳُﻜﺮّﻫﻪ ﺇﻟﻴﻪ.

“Taufiq adalah kehendak Allah dari diri-Nya untuk melakukan terhadap hamba-Nya hal-hal yang akan membawa kebaikan baginya, dengan menjadikannya mampu untuk melakukan hal-hal yang membuat-Nya ridha, menghendaki, mencintai, dan mengutamakan hal-hal yang membuat-Nya ridha atas yang lainnya, serta membuatnya benci, marah, dan tidak suka terhadap selain hal-hal yang membuat-Nya ridha tersebut.”

? Madarijus Salikin, terbitan Daar ash-Shami’iy, hlm. 1075

============================

INILAH YANG MUBAH

✍? Asy Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin rahimahullah

⏭ Faedah Kesembilan

? Penggunaan rebana dan nyanyian yang bersih (dari berbagai perkara yang dibenci) pada malam pengantin di mana mempelai wanita di bawa kepada mempelai pria merupakan perkara yang disenangi dan disunnahkan.

☝?️? Akan tetapi dengan syarat bahwa penggunaan rebana tersebut tidak menjalar kepada penggunaan alat-alat musik selainnya. Juga dengan syarat bahwa nyanyian yang dilantunkan adalah nyanyian-nyanyian yang bersih seperti nyanyian-nyanyian menyambut kebahagiaan, nyanyian-nyanyian mengingat nikmat-nikmat Allah ‘Azza wa Jalla dan selain itu dari berbagai perkara yang sesuai.

~~~~~~~~~~
استعمال الدفوف والغناء النزيه في ليلة العرس التي تزف فيها المرأة إلى زوجها من الأمور المطلوبة المسنونة، لكن بشرط ألا تتجاوز الدف إلى غيره من آلات اللهو، وبشرط أن تكون الأغاني نزيهة كأغاني الترحيب وأغاني ذكر نعمة الله عز وجل، وغير ذلك من الأشياء المناسبة .

? Sumber : http://www.albaidha.net/vb/showthread.php?t=44350

=============================