WAKTU SHALAT SUNAH QABLIYAH (SEBELUM) ASHAR

sun-light-trees-forest-road-sign

WAKTU SHALAT SUNAH QABLIYAH (SEBELUM) ASHAR

? *_Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah_*

*Pertanyaan:*
Penanya ini berkata: Apabila saya shalat sunnah Ashar atau yakni wajib Qabliyah sebelum adzan dan ketika adzan Ashar saya shalat wajib Ashar empat rakaat. Apakah sunnah Qabliyah diwajibkan bagiku sebelum Ashar atau saya wajib shalat Qabliyah setelah adzan? Mohon penjelasannya?

*Jawaban:*
Sunnah itu anjuran dan tidak wajib.

➡️Disunnahkan shalat empat rakaat setelah masuk waktu Ashar dengan dua salam (setiap dua rakaat salam)

➡️namun jika Anda shalat sebelum adzan antara Dzuhur dan Ashar beberapa rakaat meskipun seratus rakaat, maka tidak mengapa—alhamdulillah— karena waktunya luas.dan tidak ada larangan. Sehingga jikalau seseorang shalat beberapa rakaat yang ringan seperti sepuluh, dua puluh, tiga puluh rakaat, tidak mengapa–walhamdulillah—namun dia salam setiap dua rakaat.

➡️Jadi, disunnahkan baginya setelah adzan Ashar setelah masuk waktu Ashar untuk shalat empat rakaat dengan dua salam ini berdasarkan sabda Beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam: Semoga Allah merahmati seseorang yang shalat empat rakaat sebelum Ashar) namun hukumnya sunnah tidak wajib, karena yang wajib adalah shalat wajib lima waktu yaitu: dzuhur, ashar, maghrib, isya, shubuh, inilah yang wajib

Adapun sunnah dhuhur, ashar, maghrib, isya, dhuha dan witr semuanya sunnah tidak wajib, sehingga jikalau dia meninggalkannya, maka dia tidak berdosa, hanya saja pahala pada amalan sunnah ini memiliki balasan yang besar.

?Nurun ‘Ala ad-Darb

?http://www.binbaz.org.sa/noor/6705